Type Here to Get Search Results !

Pentingnya Pengetahuan Hukum Administrasi Negara Bagi Masyarakat

 Pentingnya Pengetahuan  Hukum Administrasi Negara Bagi Masyarakat

Oleh :

VICKY NASRUL

FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS BUNG HATTA

NIM : 2010012111225

 


 

SKJenius ,Sumbar-----Hukum Administrasi Negara sekarang bukan lagi suatu ilmu yang harus dipelajari bagi sarjana hukum saja akan tetapi menurut saya sangat penting pembelajaran dan pengetahuan mengenai HAN (Hukum Administrasi Negara) bisa dipahami dan diketahui oleh kalangan masyarakat.

Kita Tahu Bahwa Hukum Administrasi Negara mengatur hubungan antara pemerintah dan warga negara dan juga administrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dalam negara hukum, seperti Indonesia maka kehadiran Hukum Administrasi Negara menjadi penting karena segala tindakan yang diambil oleh pemerintah harus berdasarkan pada hukum.

 

Administrasi Negara menjadi penting untuk diketahui masyarakat karna segala tindakan yang diambil oleh pemerintah akan sangat berakibat kepada masyarakat itu sendiri.

 

 

Sering kali terjadi permasalahan di masyarakat dikarnakan ketidaktahuan mereka mengenai hukum administrasi negara seperti contoh yang kerap terjadi banyak oknum pungli di lembaga administrasi pemerintahan yang kerap meminta uang kepada masyarakat yang mengurus surat-surat, padahal sudah menjadi kewajiban bagi oknum tersebut untuk melayani masyarakat yang mengurus urusan administrasi serta telah menjadi hak bagi masyarakat untuk dilayani oleh lembaga pemerintahan tanpa di pungut biaya apapun.

 

Mengetahui bahwa menjalankan pemerintahan itu tidak simpel, negara perlu seperangkat aturan untuk pengadaan barang, makanya jangan heran apabila kursi yang rusak di sekolah/di kampus tidak bisa segera diganti karena harus dimasukkan ke dalam anggaran negara dulu , menurut teori negara memiliki perbuatan bersegi satu dan bersegi dua, perbuatan bersegi satu itu ketika sedang mengatur, membuat peraturan , dan sebagainya saat posisi negara "lebih tinggi", perbuatan bersegi dua itu saat negara membeli barang saat melakukan pengadaan barang, pada saat melakukan perbuatan bersegi dua ini bisa digugat.

 

Hukum Administrasi Negara terkadang dianggap remeh karena hanya mengatur hal-hal "kecil" , namun sebenarnya malah dari hal-hal "kecil" itulah hal-hal "besar" bisa dilakukan, Hukum Administrasi Negara bersifat dinamis dan berguna untuk mencegah Maladministrasi, peraturan administrasi jelas dibutuhkan bahkan untuk di lingkungan instansi seperti kampus dan sekolah. Peraturan Adminsitrasi akan menjamin keberlangsungan dan transparansi suatu instansi , aturan-aturan kecil itu dapat digunakan untuk mencegah korupsi.

 

Hukum Adminsitrasi juga mencakup hukum pajak. Pajak sekarang menjadi masalah yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, kita juga paham soal ruwetnya pengurusan pajak, karena banyak masalah perpajakan mempelajari Hukum Administrasi di bidang pajak bisa menjadi solusi dan membuat orang yang mempelajarinya dapat menjadi konsultan pajak

 

Dengan demikian tujuan khususnya pentingnya Hukum Administrasi Negara yakni untuk mengetahui apakah fungsi hukum administrasi negara dalam upaya penyelenggara pemerintahan yang baik dan barwibawa serta upaya hukum administrasi negara dalam penyelenggara pemerintahan yang baik dan berwibawa. 

Dengan  banyaknya aktivitas masyarakat yang bersangkutan dengan urusan administrasi negara maka akan sangat penting bagi masyarakat kita untuk mengetahui pengetahuan tersebut, agar mencegah terjadinya diskriminasi aparatur pemerintahan kepada masyarakat awam.(VICKY)