Type Here to Get Search Results !

Dua Guru MTsN 1 Padang, Idra Putri dan Novi Yarli Ikuti Refreshment Fasprov Jenjang MI/MTs/MA Zona 1

Dua Guru MTsN 1 Padang, Idra Putri Dan Novi Yarli Ikuti Refreshment Fasprov Jenjang MI/MTs/MA Zona 1



SKJenius Timeline, Padang,   — Guru Bahasa Indonesia yang juga Pelaksana tugas (Plt) Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang dan Wakil Kurikulum Idra Putri dan Novi Yarli (guru IPA) akan mengikuti refreshment Fasilitator Provinsi (Fasprov) jenjang MI/MTs/MA zona 1 program PKB guru dan Tendik Madrasah Dirjend Pendis tahun 2022, di Redtop Hotel & Convention Center Jakarta Jl. Pacenongan No. 72 Kecamatan Gambir Kota Jakarta Pusat chek in Kamis, 21 Juli 2022 pukul 13.30 WIB dan Chek out Minggu, 24 Juli 2022 pukul 12.00 WIB.


Peserta Refreshment berjumlah 219 orang, terdiri dari fasprov Bahasa Indonesia 45 orang, Bahasa Inggris 45 orang, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 45 orang, Matematika 45, dan pengawas madrasah 42 orang.


Keduanya akan mengikuti kegiatan tersebut secara tatap muka/luring selama empat hari Kamis-Minggu, 21-24 Juli  dan daring selama dua hari yakni Selasa-Rabu 26-27Juli 2022 mendatang.


Tahun ini merupakan tahun kedua Idra Putri dan Novi Yarli dipercaya menjadi Fasprov. Idra merupakan Fasprov yang lulus seleksi tahap 2 tahun 2020 dan Novi Yarli lulus seleksi tahap 1 tahun 2020.


Idra Putri saat diwawancarai melalui washap menjelaskan bahwa tugas dari Fasprov adalah menjadi fasilitator pengembangan kompetensi guru. Jadi dengan adanya refresment ini peluang bagi Fasprov untuk meningkatkan kompetensi dan menambah ilmu yang akan dibagi dengan teman sejawat.


Target yang ingin dicapai dari Fasprov ini adalah, mampu menjadi yang terbaik dengan semua kompetensi yang dimiliki. Apalagi sebagai manusia biasa saya tetap butuh belajar sehingga bisa menjadi lebih baik ungkap Idra yang juga 1000 guru motivator literasi se-Indonesia.


Pengaruh dari kegiatan Fasprov terhadap mutu guru dan kegiatan MGMP, sangatlah banyak, namun kembali kepada pribadi guru,  kalau ingin maju haruslah banyak belajar dan belajar, jangan hanya mau belajar jika ada perintah atau kebijakan. Tapi belajarlah selagi ada kesempatan, alam takambang jadi guru..apalagi dengan adanya kegiatan PKB melalui program MERQ, pengembangan kompetensi guru yang didanai Bank Dunia melalui dana bantuan  blograin, jadi kesempatan dan peluang  guru untuk belajar semakin besar tambah Idra.


Idra menyebutkan, potensi yang dimiliki guru akan berdampak langsung terhadap kemajuan madrasah. Menurutnya, suatu perubahan dan peningkatan mutu pendidikan akan dirasakan ketika efek dari Fasprov ini benar-benar teraplikasi di ruangan kelas.


Senada dengan Idra, Novi Yarli mengatakan selain menambah ilmu Refreshment ini juga ajang evaluasi dari kegiatan Fasprov tahun 2021 untuk disempurnakan di tahun 2022. 


Selajutnya Fasprov memiliki tugas untuk berbagi ilmu dengan Fasda dan guru di kegiatan MGMP, Shering, dan diskusi dalam meracik dan menyajikan pembelajaran yang menyenangkan, menarik, dan tercapainya tujuan pembelajaran. Memodifikasi teknik pembelajaran dan menemukan cara terbaik dalam melayani siswa saat pembelajaran adalah suatu kemestian yang harus dilakukan seorang guru di era digitalisasi ini ulas Vivi.

(Humas MTsN 1 Padang Dafril TB)