Type Here to Get Search Results !

Petikan Talk Show Studio Humas MTsN 1 Padang, H. Edy Oktafiandi Guru Qasidah Rebana Yang Menjadi Kakankemenag

 Petikan Talk Show Studio Humas MTsN 1 Padang, H. Edy Oktafiandi Guru Qasidah Rebana Yang Menjadi Kakankemenag



SKJenius Timeline, Padang,  ---- Hari ini menjadi bersejarah bagi Studio Humas Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang untuk kedua kalinya orang nomor 1 di Kementerian Agama Kota Padang H. Edy Oktafiandi hadir sebagai bintang tamu Talkshow LIVE di Channel Youtube MTsN 1 Padang TV Jumat, (12/08/22).


Dari petikan wawancara yang dipandu oleh Febraningsih Presenter hebat berkelas nasional dapat dipetik kesimpulan bahwa H. Edy Oktafiandi adalah guru Qasidah Rebana yang menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama yang telah dimulai dari Kabupaten Agam hingga Kakankemenag Kota Padang.


Edy Oktafiandi merupakan anak kedua dari enam bersaudara yang lahir pada hari Senin, 20 Oktober 1969 di rumah seorang dukun beranak Kubu Marapalam  Kota Padang


Kakankemenag menuturkan bahwa Ia adalah anak dari seorang ibu yang berprofesi seorang guru agama di Adabiyah dan ayah seorang swasta dan pedagang. Edy menuturkan bahwa  rumahnya ditakdirkan berdampingan dengan Mesjid bahkan amat dekat _(makan dirumah tadangan capak kamasjid)_ ungkap dari suami Hj. Elnida itu.


Alur pendidikan Edy identik dengan pendidikan agama setamat SD masuk MTsN Gunung Pangilun Padang, MAN 1 Kota Padang, IAIN Imam Bonjol Padang hingga meraih gelar Magister Pendidikan.


Saat ditanya masa kecilnya Edy menceritakan bahwa Ia telah menggeluti dunia kompetisi dibebarapa cabang MTQ mulai dari cabang tilawah, pidato, Khutbah Jumat, MSQ, MFQ, bintang Qasidah hingga berlabuh di cabang Kaligrafi yang mengantarkannya ke MTQ tingkat nasional di Provinsi Jambi tahun 1997.


Sejak MTs hingga bangku kuliah Edy sudah mulai aktif sebagai guru/pelatih Qasidah Rebana dibanyak Mesjid/Mushalla hingga tidak ada lagi waktu luang "tiada hari tanpa melatih Qasidah Rebana". ribuan kader Qasidah Rebana yang dilahirkan mulai dari Kota Padang hingga Kabupaten Agam. 


Semasa bertugas di Kabupaten Agam saat menjadi Kepala Kantor Urusan Agama Edy Oktafiandi mampu membuat hal yang spaktakuler yakni, dengan melatih hingga menampilkan 200 peserta Qasidah Rebana dengan lagu yang sama namun dengan gerakan dan bunyi gendang yang berbeda. Dan sejak itu jugalah karir ayah dari lima bersauda ini menanjak niak hingga menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama.


Diakhir wawancara Edy Oktafiandi berpesan kepada generasi muda "kenalilah dirimu sendiri, kenali potensi yang dimiliki, kembangkan potensi yang ada. Di momen Muharram ini petiklah makna hijrah yakni menjadikan diri masing-masing lebih untuk lebih baik, kembangkan potensi dan wawasan, dan jadilah seseorang yang mandiri, lakukan hal terbaik dalam kehidupan, dan jadilah seseorang yang memiliki pribadi yang santun, bertutur kata dan bersikap dengan akhlak yang terpuji.

Penulis : Dafril

Editor    : Zarisman TJ