Type Here to Get Search Results !

Hari Kedua ANBK MTsN 1 Padang, Literasi Siswa Makin Terasah

 Hari Kedua ANBK MTsN 1 Padang, Literasi Siswa Makin Terasah



SKJenius Timeline, Padang------ Hari kedua pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) MTsN 1 Kota Padang mengasah kemampuan Literasi dan makin terbiasa dengan IT. Hal itu terlihat dari semangat dan raut wajah peserta ANBK yang sudah dua hari berjuang melatih kesabaran, ketelitian, kejujuran, dan kecerdasan.


Pelaksanaan ANBK yang dibagi menjadi tiga Sesi itu telah berjalan dengan baik, lancar, aman, dan sukses serta tidak mengalami kendala yang berarti. ANBK membuat kemampuan lIterasi siswa jadi meningkat terkadang seakan-akan mereka terbuai dengan redaksi soal HOTS. ANBK menumbuhkan minat baca dan rasa ingin tau siswa terhadap sesuatu yang belum diketahui menggunakan konsep, prosedur dan  fakta.


Kepala MTsN 1 Padang Isrizal mengatakan bahwa, ANBK dapat mendorong madrasah berfokus pada perbaikan mutu pembelajaran melalui literasi membaca. Melalui sosok guru yang inovatif dalam urusan pengajaran maupun pembudayaan membaca.


Kedepan Isrizal berharap Guru harus senantiasa mengajak siswa menyelami sumber belajar dari berbagai buku referensi. Kemudian, siswa diajak belajar memperkaya kosakata dan menumbuhkan daya analisis menggunakan bacaan sesuai dengan tingkat kognitif dan kematangan. 


Kebiasan semacam itu dimaksudkan agar siswa terbiasa mendiskusikan beragam buku dan beragam bentuk teks dengan tingkat kesulitan sesuai dengan kebutuhan. Pada akhirnya, keterbiasaan dengan buku akan menumbuhkan cinta membaca, dan memudahkan untuk mengakses konten-konten kekinian 


 Guru juga mengajari anak didik beragam teknik membaca. Di antaranya, teknik baca-pilih (selecting), baca-lompat (skipping), baca-layap (skimming), baca-tatap (scanning).


Dengan teknik baca yang tepat, efisiensi membaca akan lebih baik. Para siswa mampu dengan cepat menyimpulkan isi bacaan. Pun membaca sekian halaman buku tidak terasa melelahkan. Hal ini dapat membantu siswa agar tak bosan saat membaca meski bacaannya panjang.


Pembiasaan Literasi siswa akan menjadi modal untuk mengikuti ANBK dan AKMI. Kedua program evaluasi ini menjadi alat ukur kemampuan siswa, kemampuan guru, dan dan mutu satuan pendidikan ujar Isrizal mengakhiri.(DTB)