Type Here to Get Search Results !

Polresta Padang Sidak Toko Obat dan Apotek Tindaklanjut Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan RI

 Polresta Padang Sidak Toko Obat dan Apotek Tindaklanjut Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan RI



 



SKJenius Time Line, Padang ----Polresta Padang sidak dan pengawasan penjualan obat sirup di sejumlah apotek yang ada di wilayah Kota Padang, Minggu 23 Oktober 2022.


Hal tersebut dilakukan, menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan RI mengenai penyetopan sementara penjualan obat bebas dalam bentuk sirup kepada masyarakat.jelas Kapolresta Padang Komisaris Besar Polisi Ferry Harahap  kepada Surat Kabar Jenius Time line.



Menurut Ferry Obat sirup yang dilarang dan ditarik dari peredaran oleh BPOM itu karena mengandung cemaran Etilen glikol yang melebihi ambang batas.


 Etiel glikol diduga menjadi penyebab maraknya kasus gagal ginjal akut misterius pada anak-anak balita.



Obat sirup yang dilarang tersebut dari obat penurun demam dan batuk untuk anak-anak. 


Umumnya, obat sirup yang dilarang tersebut dijual bebas di toko obat dan apotek.



Di lokasi sidak yang dilakukan Polresta Padang yang di pimpin langsung oleh Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap ke sejumlah apotek yang ada di Kota Padang.


Kepolisian Polresta Padang meminta apotek-apotek tersebut untuk sementara tidak menjual obat-obatan jenis sirup kepada masyarakat. dan juga diminta untuk menaruhnya dahulu ke dalam kardus.


obat sirup yang dilarang dan ditarik dari peredaran tersebut adalah:


Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.



Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.



Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan Dus, Botol Plastik @ 60 ml.



Unibebi Demam Sirup (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan Dus, Botol @ 60 ml.



Unibebi Demam Drops (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan Dus, Botol @ 15 ml."Jelas  Ferry. (MISLINDA)