Type Here to Get Search Results !

Refleksi Aksi Nyata Percepat Peningkatan Mutu Pendidikan Di Daerah BGP Sumbar Rapat Evaluasi

Refleksi Aksi Nyata Percepat Peningkatan Mutu Pendidikan Di Daerah BGP Sumbar Rapat Evaluasi




Sri Yulianti. M. Pd  Kepala Balai Guru  Penggerak  Provinsi Sumbar, di dampingi  ketua Panitia Pelaksana  acara Rapat Evaluasi Dan Refreksi Program  Sekolah Penggerak  Dan Implementasi  Kurikulum  Merdeka  Provinsi Sumbar  Tahun 2022,Dra.Elmizar.M.Pd., ketika di wawancara Surat Kabar Jenius Time line, kamis 20/10-2022.

SKJenius Time Line, Padang ---Sekolah penggerak adalah katalis untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia yang terdiri dari dua hal yakni sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan profil pelajar Pancasila dan diawali dengan SDM yang unggul terutama kepala sekolah dan guru,” ujar Sri Yulianti. M. Pd  di dampingi  ketua Panitia Pelaksana  acara Rapat Evaluasi Dan Refreksi Program  Sekolah Penggerak  Dan Implementasi  Kurikulum  Merdeka  Provinsi Sumbar  Tahun 2022,Dra.Elmizar.M.Pd., ketika di wawancara Surat Kabar Jenius Time line, kamis 20/10-2022.



Sekolah sebagai wadah pendidikan formal dan yang menjadi tempat murid beraktifitas lebih lama dari pada lingkungan lainnya. Berperan penting dalam membentuk sikap, karakter, dan perilaku peserta didik. 


Peduli terhadap lingkungan adalah salah satu nilai karakter yang diharapkan terbentuk pada diri murid dalam proses pendidikan." Ujar Sri Yulianti. 


Hal ini mulai diterapkan pada kurikulum sekolah tingkat dasar dalam pembelajaran pendidikan lingkungan hidup. Pendidikan lingkungan hidup mengembangkan keterampilan, sikap serta motivasi manusia untuk mengerti serta menghargai saling hubungan antar sesamanya dan dengan lingkungan hidupnya. 


Lingkungan bersih dan sehat terjadi apabila lingkungan terawat dengan baik sehingga tidak menimbulkan banyak penyakit, udaranya segar, dan tidak ada sampah yang berserakan dimana - mana sehingga nyaman untuk ditinggali.


Sekolah Penggerak memiliki ruang lingkup yang mencakup seluruh kondisi sekolah, tidak hanya sekolah unggulan saja tapi juga sekolah swasta dan negeri.


 Program yang kami rencanakan  jelas Sri Yulianti adalah program terkait kedalam kepedulian terhadap lingkungan termasuk kebersihan dan pelestarian di lingkungan sekolah dan juga pembiasaan di lingkungan rumah atau sekitarnya. 


Dra.  Elmizar. M. Pd.  Selaku ketua panitia acara juga menjelaskan bahwa, Program sekolah penggerak terdiri dari lima intervensi yakni penguatan SDM sekolah, pembelajaran dengan paradigma baru, perencanaan berbasis data, digitalisasi sekolah, dan pendampingan konsultatif dan asimetris.


Penguatan SDM sekolah yang terdiri atas penguatan kepala sekolah, pengawas sekolah, penilik, dan guru melalui program pelatihan dan pendampingan intensif (coaching) "one to one" dengan pelatih ahli yang disediakan Kemendikbud.


Selain itu, pembelajaran dengan paradigma baru, yaitu pembelajaran yang dirancang berdasarkan prinsip pembelajaran yang terdiferensiasi sehingga setiap siswa belajar sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangannya.


Program Sekolah Penggerak akan mempercepat peningkatan mutu pendidikan di daerah. Dengan mengikutkan jumlah peserta 156 orang.


Efek ganda Sekolah Penggerak ke sekolah lainnya, mempercepat peningkatan mutu pendidikan di daerah, dan menjadi daerah rujukan praktik baik dalam pengembangan sekolah penggerak.


Dengan Sekolah Penggerak, pembelajaran akan lebih bermakna dan sesuai dengan perkembangan zaman,” kata dia.(Mislinda)