Type Here to Get Search Results !

Urgensi, Manfaat, dan Tips Sukses PTS Oleh : Isrizal, M.Pd Kepala MTsN 1 Padang

 Urgensi, Manfaat, dan Tips Sukses PTS


Oleh : Isrizal, M.Pd

Kepala MTsN 1 Padang



SKJenius Timeline, Padang ----Hari ini Rabu, (05/10/22) sudah hari ketiga pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang. Selaku penanggungjawab pendidikan penulis ingin berbagi dengan guru dan siswa tentang Urgensi, Manfaat, dan Tips Sukses PTS.


PTS adalah penilaian kinerja dan belajar siswa selama setengah semester. PTS biasanya dilaksanakan pada pekan ke-8 atau ke-9 dalam satu semester. 


Materi yang diujikan mengenai kompetensi dasar. Selain itu, PTS memiliki beberapa fungsi dan tujuan. Proses penilaian hasil belajar ini sebetulnya sama seperti yang dulu dikenal sebagai ulangan tengah semester. Hal tersebut sudah tertera pada documen kurikulum madrasah


Adapun tujuan dan fungsi PTS yaitu untuk mengukur sejauh mana capaian pembelajaran serta penilaian tengah semester ganjil yang berguna untuk, 

1. Mengetahui apakah materi yang sudah diberikan oleh guru setiap mata pelajaran selama setengah semester berlangsung pada kegiatan belajar mengajar sudah dipahami dengan baik atau belum.


2. Mempertanggung jawabkan penyelenggaraan pendidikan. Sarana membangun motivasi untuk belajar lebih giat lagi.


3. Selain itu, Bentuk evaluasi untuk mengetahui capaian siswa tentunya berfungsi sebagai pendorong peningkatan mutu belajar.


4. Sebagai alat pengendali mutu pendidikan secara umum

Tips Sukses Penilaian Tengah Semester

Mungkin siswa baca-baca hal teknis seperti di atas. Sepertinya siswa tuh lebih suka bukan sekadar bahas apa itu PTS, tapi lebih ke tips belajar, terus latihan soal.


Jauh dari itu Penulis juga ingin berbagi Tips sukses PTS diantaranya,

1. Belajar yang Rutin

Namanya juga menghadapi ulangan tengah semester, hal utama sebagai pelajar yang harus dilakukan adalah belajar. Biar persiapan Ujian Tengah Semester siswa makin optimal. Siswa  bisa meningkatkan fundamental skill di madrasah.


Tujuannya, biar siswa nggak cuma bisa mengerjakan soal-soal ujian, tapi juga paham konsep materi sampai ke akar-akarnya. 


2. Tenntukan skala prioritas materi yang belum siswa mengerti ke materi yang sudah benar-benar dikuasai. Tentukan juga dalam satu hari siswa mau belajar materi apa aja sesuai dengan skala prioritas tadi.


3. Kurangi bermain

alangkah baiknya menjelang Penilaian Tengah Semester aktivitas bermain game online ditinggalkan seutuhnya.


4. Siswa  harus mulai fokus ke PTS dan memperbanyak waktu belajar. Karena keseringan bermain game ini ternyata mengurangi produktivitas kinerja otak untuk lebih fokus.


5. Jaga Kesehatan

Poin ini nggak kalah pentingnya dengan tips menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS) yang lain. Sayang rasanya, sudah susah-susah belajar, eh siswa malah sakit di hari H. Maka dari itu, usahakan tidak memforsir diri saat belajar. 


Belajar tekun dan telaten sih memang perlu, tapi siswa harus tahu kalau sudah merasa lelah dan jenuh, nggak ada salahnya buat bersantai sejenak sembari beristirahat. Kalau siswa terlalu memforsir diri, justru bakal makin sulit mengingat materi pelajaran.


Selain istirahat yang cukup, siswa juga perlu mengkonsumsi makanan yang sehat dan minum air putih yang banyak. Kalau perlu, siswa juga bisa mengkonsumsi suplemen dan vitamin penunjang agar kondisi tubuh makin fit menjelang penilaian tengah semester. 


6. Perbanyak Latihan Soal pamungkas yang nggak boleh sepelekan. Dengan memperbanyak latihan soal, punya banyak referensi dan variasi soal-soal ujian, termasuk ujian Penilaian Tengah Semester (PTS).