Type Here to Get Search Results !

Tahun 2023 Seluruh Pelaku Usaha Pertanian Sumbar Bakal Disensus .

 Tahun  2023 Seluruh Pelaku Usaha Pertanian Sumbar Bakal Disensus .




SKJENIUS TIME LINE, Sumbar -----Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) menjelang pelaksanaan Sensus Pertanian (ST2023) pada Mei 2023 nanti, di Padang, Selasa, 14 November 2022.


Rakor ini melibatkan pemerintah dari tingkat provinsi hingga kelurahan dan nagari, serta TNI-POLRI untuk mensukseskan penyelenggaraan Sensus nanti.


ST2023 nantinya akan mendata seluruh pelaku usaha pertanian, baik perorangan, kelompok, maupun perusahaan pertanian berbadan hukum.


Adapun pendataan sensus yang dilakukan meliputi tujuh cakupan, yaitu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan jasa pertanian yang ada di Sumbar.


Wagub Sumbar, Audy Joinaldy menyampaikan dukungan pemerintah provinsi terhadap pelaksanaan ST2023. Hal ini mengingat data pertanian inilah yang nantinya akan menjadi salah satu dasar dalam penentuan kebijakan daerah, guna menjawab isu-isu strategis tentang kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani, khususnya di Sumbar.


Data sangat penting dalam pengambilan kebijakan. Jadi ini harus didukung oleh pemerintah provinsi, kabupaten dan kota juga TNI-Polri. Apapun nanti yang BPS perlukan insyaallah kami akan bantu, kita akan follow up selalu untuk suksesnya Sensus Pertanian," ujar Wagub.


Sebagai provinsi dengan 22 persen PDRB dari sektor pertanian, Sumbar sudah semestinya mengembangkan pertanian yang kuat.(Mislinda)