Type Here to Get Search Results !

Drs.Agus Suherman,SH.MM ,Sekretaris Forum Bela Negara Sumbar. "Motivasi Bangkitkan Semangat Kebangsaan Bela Negara Masyarakat Sumbar

Drs.Agus Suherman,SH.MM ,Sekretaris Forum Bela Negara Sumbar.

"Motivasi Bangkitkan Semangat Kebangsaan Bela Negara Masyarakat  Sumbar." 

 



SKJENIUS TIME LINE, Sumbar ---- Dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumatera Barat) menggelar upacara bersama di lapangan Stadion GOR H. Agus Salim, Padang.

Dari pantuan Surat Kabar Jenius Time Line,  Pembacaan IKRAR BELA NEGARA  di lakukan oleh Sekretaris Forum Bela Negara Sumbar Drs.Agus Suherman,SH.MM.,dengan Semangat  yang berapi - api Inspektur upacara Gubernur Sumbar (yang juga Ketua Forum Bela Negara Sumbar) dalam upacara peringatan Hari Bela Negara tingkat Sumbar di Stadion GOR .H. AGUS SALIM Kota Padang.Senin (19/12/2022).


Menurut Agus Suherman Setiap tanggal 19 Desember diperingati sebagai Hari Bela Negara. Hal itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2006 Tentang Hari Bela Negara Presiden, tanggal 18 Desember 2006.


Bagi bangsa Indonesia tanggal tersebut memiliki nilai sejarah yang harus diperingati. Karena pada tanggal 19 Desember 1948 terbentuk  Pemerintahan Darurat Republik Indonesia dalam rangka mengisi  kekosongan kepemimpinan Pemerintahan Negara Kesatuan  Republik Indonesia.


Sehingga dalam upaya lebih mendorong semangat kebangsaan  dalam bela negara dalam rangka mempertahankan kehidupan berbangsa dan bernegara yang menjunjung tinggi persatuan dan  kesatuan, dipandang perlu untuk menetapkan tanggal 19 Desember sebagai Hari Bela Negara."jelasnya.


Dari bela negara secara militer sampai dengan tindakan sehari-hari. Contoh sederhana tindakan bela negara seperti berbakti pada orang tua, bangsa, agama, kesadaran untuk menaati tata tertib sekolah (lingkungan sekolah)."ujarnya. 


IKRAR BELA NEGARA


Kami Warga Negara Indonesia, Menyadari Sepenuhnya Bahwa, Dalam Rangka Menjaga Kedaulatan Negara, Keutuhan Wilayah, Dan Keselamatan Bangsa Demi Kelangsungan Hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia, Berjanji Untuk Selalu Bersikap Dan Berperilaku:


Mencintai Tanah Air.


Memiliki Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara.


Setia Pada Pancasila Sebagai Ideologi Negara.


Rela Berkorban Bagi Bangsa Dan Negara.


Memiliki Kemampuan Awal Bela Negara.


Semangat Untuk Mewujudkan Negara Yang Berdaulat, Adil Dan Makmur.




Implementasi ke-6 nilai-nilai dasar bela negara secara utuh melalui Rencana Aksi Nasional Bela Negara tersebut diharapkan dapat melibatkan seluruh komponen bangsa dan mencakup seluruh segmentasi masyarakat.ucap Agus. 


Dalam pembacaan pidato Presiden, Gubernur Mahyeldi mengatakan peringatan Hari Bela Negara tahun ini mengusung tema Semangat Bela Negaraku, lndonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Tema tersebut mengisyaratkan untuk terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju lndonesia Maju.



Seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara. Masyarakat harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. 




"Kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara," kata gubernur.(Mislinda)