Type Here to Get Search Results !

MTsN 1 Padang Peringati Isra' Mi'raj Dengan Berbagai Perlombaan

 MTsN 1 Padang  Peringati Isra' Mi'raj Dengan Berbagai Perlombaan



SKJENIUS TIME LINE, Padang,–Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa yang melekat dengan kerisalahan nabi  Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) dengan segala bentuk fakta perjalanan sejarahnya yang menginspirasi batin untuk menguatkan keyakinan pada sang Maha pencipta.


Untuk memeriahkan hari bersejarah itu, Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTsN) 1 kota Padang gelar 4 cabang lomba yang dipersiapkan secara matang oleh panitia.

Perlombaan tersebut dihelat sehari penuh di aula serbaguna dan beberapa ruangan kelas, Jumat (17/02/2023).


Berikut cabang lomba yang dipertandingkan :

1. Lomba Sirah al-Anbiya' ala "Story Telling" peserta 2 orang masing-masing kelas, dan waktu tampil 5-10 menit.

2. Lomba Kaligrafi, menulis ayat al-Quran dengan tema Isra' Mi'raj, peserta 2 orang masing-masing, 2 jam.

Ketiga lomba Cerdas Cermat, peserta 1 group (3 orang) masing-masing kelas.


Dan yang keempat, lomba Kebersihan kelas, dengan kriteria penilaian, kebersihan, kerapian, ketertiban, kehijauan, keasrian, pojok literasi, pojok ibadah, dan kelengkapan administrasi kelas. 


Kegiatan lomba dihelat setelah kegiatan Tabligh Akbar dengan penceramah Ustadz. H. Awis, S Ag.M.BA penceramah kondang kota Padang dan penyuluh agama fungsional Kemenag Padang.


Kegiatan perlombaan dibuka secara resmi oleh Kepala Madrasah, Isrizal yang didampingi Kaur TU. Humaira Lubis, unsur pimpinan, Idra Putri, Hj. Maryani Sastera dan Suhelri. Perlombaan itu disambut antusias dan penuh kegembiraan oleh 911 siswa MTsN 1 Padang.  


Dalam sambutannya, Isrizal mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah bersinergi menggelar kegiatan perlombaan ini. 

Kamad meminta kepada semua siswa untuk mengikuti rangkaian kegiatan lomba dari awal hingga akhir.


"Kegiatan ini digelar untuk memberikan pelajaran kepada siswa tentang sejarah Isra' Mi'raj, mengeratkan silaturrahmi dan memperingati hari bersejarah bagi umat Islam, dengan harapan semua siswa merasakan perjuangan nabi dan hebatnya kuasa Allah Swt," ungkap Isrizal.


Senada dengan Kepmad, ketua panitia, Toni Andriko mengatakan bahwa tujuan digelarnya perlombaan ini untuk menumbuhkan dan memperkuat nilai-nilai tauhid, menanamkan rasa cinta kepada nabi Muhammad Saw dan menambah khazanah keilmuan terhadap sejarah penting dunia yang pernah terjadi.


"Selain itu untuk mengisi momentum besar Isra' Mi’raj, sejarah perjalanan spritual menjemput perintah shalat sebagai alat komunikasi tercanggih antara hamba dengan sang Khaliq," ujar Toni mengakhiri.

Penulis : Dia Fitri

Editor    : DTB