Type Here to Get Search Results !

Politeknik Negeri Padang Gandeng Nagari Digital Menuju Desa Cerdas

 Politeknik Negeri Padang Gandeng Nagari Digital Menuju Desa Cerdas






SKJENIUS TIME LINE,Padang, ----Politeknik Negeri Padang (PNP) menggandeng Nagari dalam Program Nagari Digital menuju Desa Cerdas, menggandeng Nagari dalam Program Nagari Digital menuju Desa Cerdas. 


Dalam upaya bersinergi untuk meningkatkan pelayanan publik yang terarah, terpadu, dan terprogram, Politeknik Negeri Padang (PNP) menggandeng Nagari se-Sumbar  dengan menggelar Workshop “Program Nagari Digital Menuju Smart Village”, dimeriahkan moderator  Fitri Dona M. Si. di Kampus Orange,Padang,14-15 Februari 2023.Di gedung PKM Politeknik Negeri Padang. 



Dr. Surfa Yondri, S.T., S.ST., M.Kom Direktur Politeknik Negeri Padang ketika di wawancara Surat Kabar JeniusTime line. Selasa (14/2-2023),mengatakan bahwa, Desa digital, nagari digital merupakan sebuah program yang dirancang oleh pemerintah demi meminimalkan kesenjangan terhadap informasi di wilayah pedesaan dengan memanfaat teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang.


"Platform desa digital berfokus pada berbagai kebutuhan informasi, pelayanan, dan perekonomian," katanya.




Ketua Panitia Penyelenggara, Yuhefizar menjelaskan, “Program Nagari Digital Menuju Smart Village”, juga dimaksudkan untuk mewujudkan nagari yang mandiri, maju dan berkesejahteraan bersama sesuai dengan amanat UU Desa Nomor 6 Tahun 2014, khususnya Pasal 26 Ayat (4) Huruf f yang berbunyi “melaksanakan prinsip tata Pemerintahan Desa yang akuntabel, transparan, profesional, efektif dan efisien, bersih, serta bebas dari kolusi, korupsi, dan nepotisme”; kemudian ditambah huruf p yang berbunyi “memberikan informasi kepada masyarakat Desa”.


Program ini  dihadiri oleh sekitar 200 orang yang terdiri dari Gubernur Sumbar, di wakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumbar, Kepala Diskominfotik Sumbar, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Tim Pemberdayaan dan Pengembangan Desa Wisata Sumbar, pejabat di 12 kabupaten dan 7 kota, serta utusan walinagari dari Kabupaten Agam, Dharmasraya, Kota Pariaman, Kota Sawahlunto, Kabupaten Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Sawahlunto, Sijunjuang, Solok, Solok Selatan, dan Tanah Datar.(Mislinda)