Type Here to Get Search Results !

SDN 13 Batu Gadang Siapkan sepeda Sebagai Hadiah Utama untuk siswa pengahafal al-Qur’an Terbanyak Tahun 2023 .

SDN 13 Batu Gadang Siapkan sepeda Sebagai Hadiah Utama untuk siswa  pengahafal al-Qur’an Terbanyak Tahun 2023 . 

Iswardi, S.PdI., M.Pd 

                Kepala SDN 13 Batu Gadang




SKJENIUS TIME LINE, Padang ---Selain Fokus Pada Proses Belajar mengajar dengan berbagai Inovasi di dalam dan luar kelas,  SDN 13 Batu Gadang Kota Padang ini, Juga terus berbenah dengan kegiatan Ekstra Kurikuler untuk mencapai Student Wellbeing yaitu bagaimana sekolah mampu menciptakan siswa itu menjadi pribadi yang bahagia ketika berada di sekolah dan kebahagiaan itu akan terus memancar sampai mereka berada di rumah.


Saat ini ada tujuh ekstra kurikuler yang bisa diikuti oleh Peserta didik kami di sekolah ini dalam menyalurkan bakat dan minat nya yaitu, Tahfiz sebagai program Unggulan yang juga termasuk ekskul, ada Tari, Drum Band, Da’I Cilik, Pramuka, silat dan Dokter Kecil, Semua peserta didik diwajibkan memilih minimal 1 Ekskul yang haris mereka ikuti, hal, program ini bertujuan untuk melatih keterampilan peserta didik kami yang nantinya akan mampu menjadikan mereka pribadi yang bertanggung jawab, pekerja keras, tidak mudah menyerah.


Dan tak kalah pentingnya melatih mereka untuk kasih sayang sesama, cinta kepada lingkungan dan yang utama membawa mereka dekat dengan sang pencipta, . "Jelas Iswardi. S. PdI. M. Pd. Ketika diwawancara surat  Kabar Jenius Time Line. Senin (20/2-2023).


Tahfiz sebagai salah satu program unggulan di SDN 13 batu gadang ini tentu mendapat perhatian Khusus baik dari guru ataupun orang tua, karna saya tidak akan mungkin bisa menjalankan program ini sendiri tanpa bantuan orang tua dan guru pungkas Pak Is begitu sapaan akrab beliau di sekolah.


Agar bisa menjadi Hafidz diperlukan usaha untuk mempelajari tentang metode Tahfidz Al Quran," kata Iswardi. 


Dia menjelaskan untuk menjadi Hafidz memang tidaklah mudah karena untuk menjalaninya harus didukung dengan keinginan yang kuat, kesungguhan dan tentunya konsentrasi yang tinggi untuk mendalaminya agar tidak terjadi kesalahan.


Dulu, yang memiliki kemampuan Hafidz Al Quran cenderung sudah berusia dewasa dan lanjut. Namun saat ini sudah banyak dijumpai anak-anak dan remaja yang telah belajar Tahfid Al Quran dan berhasil menjadi Hafidz.


Salah satunya kita melaksanakan Program sekolah Siswa SDN 13 Batu Gadang Kota Padang sudah menyiapkan Hadiah satu buah sepeda bagi yang sudah banyak hafal juz Al-qur'an.


kegiatan tahfidz quran yang dilaksanakan tersebut sejalan dengan program  Wali Kota Padang , yakni gerakan tahfidz quran di lingkungan SDN 13 Batu Gadang Padang. 


“Harapannya adalah minimal anak didik kita dibangku SD/ MI, MTs dan bahkan MA mampu menghafal Al-Quran minimal juz ke 30,” pungkasnya. Namun ada juga beberapa anak-anak kita yang sudah hafal 2 Juz bahkan ada yang 3 Juz


Dia mengungkapkan kebanggaannya kepada siswa yang telah berhasil menghafal Juz ke 30 Al-Qur`an dengan sempurna dan fasih.


Dengan harapan akan menjadi dorongan bagi sekolah lainnya untuk menggalakan gerakan tahfidz quran.


Ilmu yang tidak diamalkan bagaikan pohon kayu yang tidak berbuah, ungkapan ini seperti nya cocok disematkan pada program keagamaan yang dibuat oleh Kepala sekolah di SDN 13 batu gadang ini.

Dalam mengamalkan ayat-ayat al-Qur’an yang dibaca siswa nya sinkronkan dengan ekskul lain nya seperti ekskul Pramuka yang salah satu dasasarma nya mengajakan untuk anak cinta alam dan kasih sayang sesama, suka menolong dan sabar, hal ini dijadikan sebuah pijakan dalam program aksi bersih pantai yang dilaksanakan oleh 108 orang pramuka penggalang SDN 13 Batu gadang di pantai air manis padang beberapa minggu yang lalu jelas Iswardi dengan semangat nya 


Setelah aksi bersih pantai siswa juga dibawa untuk Anjangsana ke panti asuhan dalam rangka  mengimplementasikan pembelajaran PAI QS. Al-Maun yaitu bagaimana memupuk rasa peduli siswa terhadap anak yatim dan fakir miskin yang ada di lingkungan nya, kegiatan ini mendapat dukungan yang luar biasa baik dari dalam atupun luar sekolah, hal ini dibuktikan bahwa siswa-siswa kami yang ikut kegiatan ini didampingi oleh 33 orang guru dan pegawai SDN 13 Batu Gadang Komite sekolah, wali murid dan tokoh Masyarakat lainnya. 


Dan yang membuat saya bangga kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pengawas sekolah di kecamatan lubuk kilanagn salah satunya Bapak Fauzan Misra, S.Pd ikut serta dalam semua rangkaian kegiatan yang kita laksanakan sehari penuh. Salut untuk pengawas kami pungkas Iswardi sambil mengacungkan dua jempol nya.


Terakhir Iswardi menutup pembicaraan ini bahwa Hadiah Utama Berupa Sepeda untuk siswa penghafal al-Qur’an terbanyak akan dibagiakan pada acara pembagian Rapor Kenaikan kelas TP. 2022/2023 di bulan Juni mendatang. 


“Semoga ini menjadi penyemangat untuk menggalakan gerakan tahfidz quran bagi sekolah lainnya,” ungkap Iswardi.(Mislinda)