Type Here to Get Search Results !

Atasi Kemiskinan Baznas Kota Padang "Ramadan Berbagi"

Atasi Kemiskinan Baznas Kota Padang  "Ramadan Berbagi"



SKJENIUS TIME LINE, PADANG - Wali Kota Padang Hendri Septa melaunching secara resmi program "Ramadan Berbagi" dari Baznas Kota Padang pada Ramadan 1444 H/2023.


Dalam program rutin yang digelar Baznas Kota Padang setiap bulan suci Ramadan itu, kali ini diantaranya adalah menyalurkan 30 ribu paket sembako bagi masyarakat kurang mampu di Kota Padang. 


Selain itu juga melakukan 11 (sebelas) bedah rumah program SEMATA (Semalam di Rumah Wali Kota) serta  menggelar Lomba Semarak Ramadan berupa lomba solo song, bintang qasidah dan MTQ tingkat Kota Padang.


Walikota Padang Hendri Septa mengatakan sangat mendukung Program Ramadan Berbagi tersebut. 


“Alhamdulillah wa syukurillah, di bulan Ramadan penuh berkah ini Baznas Kota Padang kembali menggelar program Ramadan Berbagi yang diantaranya menyalurkan bantuan paket sembako kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Selain itu juga membedah 11 rumah tak layak huni dari program SEMATA serta menggelar kegiatan lomba keagamaan untuk meningkatkan syiar keislaman di tengah masyarakat," ucap Wali Kota saat melaunching program Ramadan Berbagi Baznas Kota Padang tersebut di Kantor Baznas setempat, Senin (27/3/2023) siang.


Ia menyebutkan, program Ramadan Berbagi ini merupakan hasil zakat, infak dan sadakah dari para donatur/muzakki (orang yang menunaikan zakat) yang dikelola oleh Baznas Kota Padang.


“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Baznas karena telah membantu meringankan beban warga Kota Padang yang kurang mampu. Apalagi sekarang bulan Ramadan, semoga upaya yang kita lakukan dibalasi pahala berlipat ganda dari Allah SWT,” harapnya.


Lebih lanjut Wako Hendri Septa juga berterima kasih kepada para muzakki yang telah membayarkan zakatnya selama ini ke Baznas Kota Padang.


“Kita ucapkan terima kasih kepada para muzakki. Alhamdulillah, melalui Baznas Kota Padang zakat yang diberikan tersebut kembali kita serahkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Kita mengapresiasi, karena selama ini Baznas Kota Padang mampu mengelola zakat dengan baik dan dalam penyalurannya pun tepat sasaran," tukas Wako Padang yang disambut antusias hadirin dan penerima bantuan sembako saat itu.


Pada saat yang sama Ketua Baznas Kota Padang Yuspardi menyebutkan jumlah sembako yang disalurkan dalam program Ramadan Berbagi tahun ini sebanyak 30 ribu paket.


"Alhamdulillah tahun ini jumlahnya lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 27 ribu," sebutnya.


Dijelaskan, untuk satu paket sembako yaitu seharga Rp150 ribu dengan isi berupa beras, minyak goreng, teh susu, serta gula.


"Untuk syaratnya yang kita minta tahun ini hanya berupa kartu keluarga dan kartu tanda pengenal," Kata Yuspardi.


Yuspardi menambahkan, selain berbagi sembako, Baznas juga membedah sebelas rumah keluarga dalam program SEMATA.


"Selanjutnya ada lomba kasidah dan lomba MTQ se-Kota Padang, guna menyiarkan agama Islam kepada masyarakat," ujarnya.


Terakhir Ketua Baznas Kota Padang berharap semakin banyaknya muzakki yang menyalurkan zakat, infak dan sedekahnya kepada Baznas Kota Padang. 


"Zakat yang kita terima untuk mendukung program pemerintah baik di bidang pendidikan serta mengatasi kemiskinan di tengah masyarakat," tukas Yuspardi diamini para Wakil Ketua-nya.


Dalam kesempatan itu juga hadir Wakil Ketua IV Baznas Prov Sumbar Nurman Agus, Kepala Kantor Kemenag Kota Padang Edi Oktafiandy serta unsur Forkopimda Kota Padang. Selain itu juga terlihat sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang serta lembaga/perusahaan mitra Baznas Kota Padang( Mislinda).