Type Here to Get Search Results !

ILMU SOSIAL DAN BUDAYA

DAMPAK PERADABAN ASING DI INDONESIA

Peradaban adalah suatu bentuk masyarakat atau kelompok budaya yang kompleks, dicirikan oleh ketergantungannya padapertanian, perdagangan jarak jauh, pemerintahan berbentuk negara, adanya spesialisasi pekerjaan, kependudukan, dan stratifikasi kelas. Peradaban sering disama artikan dengan budaya, tetapi dalam definisi yang lebih banyak digunakan, istilah peradaban adalah sebuah istilah deskriptif untuk pertanian dan budayaperkotaan yang kompleks. Pengertian peradaban diartikan juga sebagai prilakunormatif dalam konteks masyarakat di mana cara hidup diperkotaan dianggap lebih unggul dari cara hidup liar atau barbar. Konsep peradaban‖ digunakan sebagai sinonim untuksuperioritas kelompok ―budaya (dan sering etis) tertentu. 

1.   identifikasi dampak dari sebuah perabadaban yang ada di dunia (spt : barat, islam, cina, india, jepang-korea) piliha satu saja, yang memberikan dampak kepada perubahan budaya di Indonesia (misal : pengaruh K-Pop pada tren Remaja).

Dampak salah satu peradaban barat seperti Amerika yang memasuki ranah tren pada lapisan masyarakat di Indonesia adalah mulai hilangnya rasa malu dalam berpakaian ketat, pendek serta menampakan beberapa bagian tubuh dengan penggunaan yang mereka anggap fashionable. Padahal kita tahu bahwa indonesia tidak lepas dari kebudayaan timur yang menjujung tinggi penggunaan yang shopan dan menutup aurat namun seiring berjalannya waktu berbagai budaya mudah masuk ke Indonesia melalui jalur Globalisasi. Selanjutnya, setelah masuknya budaya barat ke Indonesia mulai banyak Digitalisasi segingga membuat masyarakat kekurangan pekerjaan karena segala sesuatu pekerjaan digantikan oleh mesin seperti di Amerika. Dengan kata lain, Dampak dari kebudayaan Amerika meningkatkan pengangguran dan masalah sosial lainnya di Indonesia.

Bagi saya Pengaruh dari peradaban yang saya jelaskan diatas adalah negatif karena walau penggunaan teknologi dan informasi dari budaya Amerika sangat canggih tapi manfaat dari hal tersebut membuat masalah baru lagi di Indoinesia, sehingga bagi saya kebudayaan Amerika yang awalnya Fashionable dan Canggih tapi sangat kurang cocok berbaur dengan masyarakat indonesia yang masih dalam keadaan negara berkembang dan terlalu banyak sumber daya manusia yang kurang pendidikan yang tidak mendapatkan pekerjaan dan simpang siurnya kasta akibat perbedaan gaya berpakaian di kalangan masyarakat biasa dan masyarakat yang berkiblat dengan fashion di Amerika.