Type Here to Get Search Results !

Kepala MTsN 1 Padang Isrizal : Pentingnya Digitalisasi di Madrasah

 Kepala MTsN 1 Padang Isrizal : Pentingnya Digitalisasi di Madrasah



SKJENIUS TIME LINE, Padang, – Kepala MTsN 1 Kota Pqdang, Isrizal, sangat respon dengan kemajuan ilmu teknologi dan memiliki mimpi besar untuk mewujudkan Madrasah berbasis Digital. Hal itu telah disampaikannya pada beberapa kali rapat dengan unsur pimpinan dan juga saat Team Humas menyambangi diruang kerjanya, Jln Adinegoro No. 5 Lubuk Buaya, Koto Tangah Padang, Jumat, (03/03/2023)



Menurut Isrizal Kemajuan teknologi informasi yang beriringan dengan Era Digitalisasi memanggil dunia pendidikan termasuk madrasah untuk melek digital dan menguasai Ilmu Teknologi.


“Digitalisasi madrasah sesuai dengan perkembangan TIK (Teknologi informasi dan komunikasi). Digitalisasi dalam Dunia pendidikan merupakan kebutuhan dan keharusan sebagaimana ia merambah bidang lainnya seperti ekonomi, pertahanan, pariwisata, kesehatan, dan lain-lain,” ujar Isrizal.


“Akan menjadi salah dan kerugian besar jika madrasah tidak memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dan pendidikan. Menurut dia, jika tidak dimanfaatkan, madrasah akan jauh tertinggal bahkan akan terlempar jauh dari kemajuan.


Isrizal mengatakan, pemerintah khsususnya Kementerian Agama sebagaiman yang disampaikan Mas Menteri Yaqut Cholil Qoumas, saat membuka Rapat Kerja Nasional di Surabaya, 04-05 Februari 2023.


Lanjut Isrizal, Untuk mewujudkan madrasah berbasis Digital maka madrasah harus menyiapkan beberapa langkah-langkah konkrit:

Pertama, melengkapj infrastruktur digital di semua lini dengan daya internet yang cukup.


Kedua, Mengharuskan Kurikulum membuat literasi digital.

Ketiga, Guru dalam jabatan harus melek teknologi melalui pelatihan dan belajar mandiri.


Keempat, Perlunya meningkatkan kesejahteraan bagi guru honorer sehingga mereka bisa punya laptop dan mampu berlangganan internet di rumah,” ucap Isrizal.


Menurut dia, jika hal-hal tersebut dapat terpenuhi, maka lulusan madrasah tidak hanya menguasai ilmu agama, tetapi juga terampil dalam teknologi. Di antaranya mereka mampu mengolah big data internet menjadi pengetahuan baru atau memanfaatkan big data untuk mengatasi masalah masalah kemanusiaan dan alam ini.


Isrizal, memberikan penguatan Digitalisasi pembelajaran mesti segera diimplementasikan di madrasah sebagai upaya meningkatkan literasi serta menyiapkan talenta-talenta di bidang teknologi.


“Akselerasi transformasi digital harus secepatnya dilakukan di madrasah di mana sejalan dengan salah satu program prioritas Kemenag. Program Madrasah Reform telah mendorong akselerasi tersebut,” kata Isrizal.

(DTB)