Type Here to Get Search Results !

Palanta Ceria Alumni SMEAN 1 Padang Halal Bi Halal Kembali Kepada Kesucian Diperlukan Sikap Saling Memaafkan

 Palanta Ceria Alumni SMEAN 1 Padang Halal Bi Halal Kembali Kepada Kesucian Diperlukan Sikap Saling Memaafkan




SKJENIUS TIME LINE, Padang ----Halal Bi Halal Palanta Ceria Alumni SMEAN 1 Padang mulai dari angkatan 71- 97.merupakan tradisi masyarakat Indonesia umumnya dan Sumbar khususnya  yang dilakukan sesudah hari lebaran oleh berbagai kalangan masyarakat. Kegiatan ini menjadi wujud dari ajaran Islam yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan, dan saling berbagi kasih sayang usai lebaran. Jelas Desmita Ketua  di dampingi Fadly Asra wakil Ketua tiga, Suratmi Bendahara dari kepengurusan Palanta Ceria SMEAN 1 Padang priode 2023-2025,ketika diwawancarai Surat Kabar Jenius Time line.sabtu (29/4-2023).



Dalam sudut pandang Islam, halal bihalal bertujuan untuk menghormati sesama manusia dalam bingkai silaturahmi sebagai perantara memperluas rezeki dan memperpanjang umur.ujar Desmita. 


Sementara itu H.  Maijon Disma juga mengatakan  bahwa  Palanta ceria ini Halal bihalal dapat mengingatkan setiap orang tentang pentingnya merajut silaturahmi yang berupa menghubungkan ikatan kasih sayang dan persaudaraan kepada sesama. 



Sebab, hidup yang didasarkan pada kasih sayang dan cinta kasih ini dapat memberikan keamanan, kenyamanan, dan keharmonisan. Berdasarkan Q.S. al-Hujurat 49:10, golongan orang mukmin adalah mereka yang bersaudara sehingga damaikanlah kedua saudara dan bertakwalah kepada Allah agar selalu mendapat rahmat-Nya. 


Halal bihalal identik dengan rangkaian dari Idul Fitri, yaitu kembali kepada fithrah atau kembalinya manusia pada keadaan sucinya. Kembali dalam keadaan suci ini berarti kembali kepada Allah, dekat kepada Allah, dan kembali atau dekat dengan sesama manusia.


Sebelum Idul Fitri tiba, mungkin seseorang dengan Allah dan seseorang lainnya saling berjauhan sebagai akibat dari perbuatan dosa. Akibatnya, untuk kembali kepada kesucian diperlukan sikap saling memaafkan.jelas uda jon akrab di sapa. (Mislinda)