Type Here to Get Search Results !

K. H. Aby Zamri : Lakma TNI (Purn) Hargianto. SE. MM. M. Si. Sosok yang Mampu MENGASAH RASO PARESO MENJEMPUT TATANAN DUNIA BARU MINANGKABAU.

 K. H. Aby Zamri : Lakma TNI (Purn) Hargianto. SE. MM. M. Si. Sosok yang Mampu MENGASAH RASO PARESO MENJEMPUT TATANAN DUNIA BARU MINANGKABAU.




SKJENIUS TIME LINE, Kamang Mudiak ------K. H. Aby Zamri Pemilik Surau Inyiak Cubadak  Jorong Kampuang lalang Kamang Mudiak  mengatakan Lakma TNI (Purn) Hargianto. SE. MM. M. Si. Sosok yang Mampu MENGASAH RASO PARESO MENJEMPUT TATANAN DUNIA BARU MINANGKABAU.



Banyak orang menyangka Ranah Minangkabau akan maju Peradabannya, jika maju perekonomiannya. Padahal, persoalan terbesar orang Minang bukanlah KETERTINGGALAN di bidang MATERI, namun masyarakat adat itu sedang mengalami KEGAMANGAN BUDAYA.


 KH. Aby Zamri Tuanku Kayo Khadimullah kepada wartawan Jenius TIME LINE, mengatakan tentang upaya MERUMUSKAN kembali PERSENYAWAAN antara Nilai-nilai Kearifan Luhur Minangkabau, Konsep Spiritual Thariqat Naqsyabandiyah dengan Peraturan Pemerintah Daerah (Perda) Sumatera Barat.


Menurut Aby Zamri Adat dan Budaya Minangkabau seakan sedang berada di persimpangan jalan. Bingung akan melangkah ke mana. Adat Lamo Pusako Usang makin MELUNTUR. Sementara NILAI-NILAI BARU belum terbentuk. Pasalnya adat Minang selama ini, lebih banyak menerima daripada memberi dan lebih banyak jadi obyek daripada jadi subyek. 


Sehingga Kehadiran HARGIANTO memberi kedamaian dan ketenteraman bagi orang lain, 


Sementara  Arus Globalisasi semakin deras. Bahkan, menyeru akan sampai ke dalam BILIK di Rumah Gadang. Ditambah lagi, Peraturan Pemerintah Daerah (Perda) semakin menambah GALAU karena dinilai melemahkan peran Niniak mamak di Nagari.




Dalam kaitan itulah, sosok Hargianto mampu menjalin kerjasama dengan Kerajaan Pagaruyung Minangkabau (Pelesatarian), Majelis Dakwah Al-Hikmah dan Dewan Kemakmuran Surau Suluak Inyiak Cubadak dalam Merumuskan TATANAN DUNIA BARU MINANGKABAU berlandaskan falsafah Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (ABS SBK).


Aby mengingatkan bahwa pada tahun terakhir ini, budaya masyarakat Minangkabau sebagai sumber DAYA kearifan lokal nyaris mengalami REDUKSI secara menyeluruh, dan nampak sekadar pajangan formalitas, bahkan seringkali lembaga-lembaga budaya pada umumnya dimanfaatkan untuk komersialisasi dan kepentingan kekuasaan belaka.


“Perlu  kita sadari bersama bahwa Kebangkitan Marwah Minangkabau adalah KEBANGKITAN NILAI-NILAI KEBATINAN dan BUDI LUHUR orang Minang. Karena itu, keberhasilan Hargianto mendidik dan membentuk akhlak, moral, budi pekerti  anak cucu keponakan rang Agam berlandaskan “RASO PARESO” dan “KAJI DIRI” merupakan langkah paling FUNDAMENTAL dan DASAR untuk membentuk Tatanan Dunia Baru Minangkabau yang Berlandaskan ABS SBK,” pungkas Aby Zamri putra Minangkabau yang juga penasehat Istana Negara itu. (Vinny).