Type Here to Get Search Results !

Tim Asesor Akreditasi Lakukan Visitasi Akreditasi Di SMPN 11 Padang Tahun 2023

 Tim Asesor Akreditasi Lakukan Visitasi Akreditasi Di SMPN 11 Padang Tahun 2023




SKJENIUS TIME LINE, Padang --Berdasarkan Permendikbud Nomor 59 Tahun 2012 (pasal 1 ayat 2) Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar nasional pendidikan,"Jelas Ernia Devita, M. Pd. 

Pengawas SMP/Korwas Kab. Pasaman  Barat,  Tim Akreditasi BAN S/M Prov. Sumatera Barat,didampingi Syafril, S. Pd. Pengawas SD /Korwil Kec. kinali Kab. pasaman Barat.ketika melakukan visitasi akreditasi  SMPN 11 Padang jum'at 6-7 oktober  2023 kepada Jenius Time line.


Ernia Devita. M. Pd.,juga menjelaskan Badan Akreditasi Nasional merupakan badan evaluasi mandiri yang menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan tingkat dasar hingga menengah jalur formal Provinsi Sumatera Barat.


Tidak banyak yang menyangka dari prestasi yang didapatkan SMPN 11 selama ini  masuk kriteria BANSM.


Kriteria penilaian akreditasi sekolah BANSM di SMPN 11 Padang terdiri dari beberapa hal. Di antaranya, penilaian peserta didik di semua tingkatan kelas, sarana prasarana pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, pelaksanaan kurikulum yang berlaku, serta penamatan peserta didik.


Selain itu, lembaga pendidikan tersebut harus memiliki Surat Keputusan (SK) pendirian atau operasional sekolah."jelas Ernia. 


Dra. Erlinawati Kepsek SMPN 11 Padang melakukan upaya bersama  pihak sekolah dalam meningkatkan akreditasi sekolah terbagi atas 2 yaitu upaya saat persiapan dan pengisian instrumen akreditasi antara lain: mengisi instrumen akreditasi dan Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi, mempersiapkan semua dokumen-dokumen akreditasi dan Instrumen Pengumpulan Data Dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi,


Selaku Kepala Sekolah Erlinawati selalu meluangkan waktu sebelum pulang maupun hari libur untuk mempersiapkan dokumen-dokumen akreditasi sekolah. 


Dan upaya saat proses visitasi aseseor antara lain : melengkapi sarana dan prasarana sekolah, membuat Tim Akreditasi, dalam PBM untuk dinilai asesor akreditasi, mendekorasi ruangan penilaian akreditasi Sekolah.


Penilaian akreditasi SMPN 11 ini bersinergi dengan Parenting ,Alumni dan komite sekolah pada hari Visitasi penilaian akreditasi sekolah."Ujar Erlinawati mengakhiri wawancaranya dengan Jenius Time line. (Mislinda)