Type Here to Get Search Results !

Bangkitkan Batang Terandam Disdik Kota Padang Gelar Event Festival Silat Se-Kota Padang.

 Bangkitkan Batang Terandam Disdik Kota Padang Gelar Event Festival Silat Se-Kota Padang.



SKJENIUS TIME LINE, Kuranji ---Festival Silat Tradisi Se-Kota Padang di 2023 di Medan  Nan Bapaneh Lapangan Kantor KAN Kecamatan Kuranji nanti mencoba ke arah ,“Keunikan-keunikan silat, akan kita tampilkan di sana.”

Jelas Wali Kota Padang  yang di wakili oleh Yopi Krislova. SH. MM. Kepala Disdikbud Kota Padang ketika di wawancara Jenius Time line, Sabtu 12 November 2023.


Menurut  Yopi Silek (silat) tidak bisa dilepaskan dari jati diri orang Minangkabau. 


Ini merupakan salah satu warisan budaya nenek moyang yang harus dilestarikan. Apalagi silek juga telah tercatat sebagai salah satu warisan dunia oleh Unesco," katanya di Padang.


Silek adalah bagian dari tradisi dan budaya Minangkabau, maka dari itu kita wajib menjaga dan melestarikan salah satu identitas diri yang diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang," ucap Yopi Krislova

 

Yandri. S. Pd. MM. Ketua PPSI Kota Padang yang juga Anggota DPRD Kota Padang  mengajak agar keunikan-keunikan itu tidak sekedar sebagai tontonan atau sebatas atraksi saja. 


Selain hiburan bagi masyarakat, festival ini juga mengajak untuk melihat kemungkinan-kemungkinan pengkajian lebih dalam atas perkembangan silat, terutama silat tradisi. “Tidak hanya dari segi gerak atau estetika, tapi juga dari segi filosofisnya,” katanya lagi.


Syamdani Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Padang yang juga Ketua Pelaksana acara festival Silat Tradisi  Se-kota Padang  juga mengatakan pelaksanaan Festival 2 hari ini, merupakan salah satu perwujudan dari kearifan lokal yang mengandung banyak makna dan pengajaran di dalamnya sehingga menjadi pelengkap bagi laki-laki Minangkabau yang hendak pergi merantau.


"Silek dikenal dengan fungsinya untuk pertahanan diri dan pertahanan wilayah. 


Selain itu, ujar Syamdani silek juga sarana pendidikan dalam pembentukan karakter masyarakat  yang di danai Oleh Dana Pokir Anggota DPRD Kota Padang Yandri. S. Pd. M. Pd. 


Gerakan silek diciptakan nenek moyang kita dengan sarat nilai, kearifan, jati diri, dan mengambil gerakan-gerakan dari alam dan kehidupan," ujarnya.(Mislinda/Vinni)