Type Here to Get Search Results !

SDN 13 Batu Gadang Kota Padang Menghimbau Siswa Untuk Menjunjung Tinggi Kesungguhan Dan Keikhlasan Perjuangan Para Pahlawan

 SDN 13 Batu Gadang Kota Padang Menghimbau Siswa Untuk Menjunjung Tinggi  Kesungguhan Dan Keikhlasan Perjuangan Para Pahlawan

SKJENIUS TIME LINE, Padang -- Hari Pahlawan dirayakan di Indonesia setiap tanggal 10 November. Hari ini merupakan momen untuk menghormati dan mengenang perjuangan para pahlawan yang telah berjuang dan mengorbankan hidup mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Tanggal 10 November dipilih untuk merayakan Hari Pahlawan karena pada tanggal ini pada tahun 1945, Jenderal Besar Soedirman, yang merupakan panglima besar Tentara Nasional Indonesia (TNI), wafat. Soedirman diakui sebagai salah satu pahlawan nasional Indonesia yang berperan besar dalam memimpin perang kemerdekaan dan mempersiapkan dasar-dasar pertahanan negara.

Pada Hari Pahlawan, seringkali diadakan upacara kenegaraan di Taman Makam Pahlawan atau monumen perjuangan lainnya di seluruh Indonesia. Upacara tersebut melibatkan penghormatan kepada pahlawan-pahlawan yang telah gugur, baik dalam perang kemerdekaan maupun dalam berbagai peristiwa sejarah lainnya.

Begitu juga dengan SDN 13 Batu Gadang. Kami memaknai Hari pahlawan Dengan memperkenalkan pahlawan melalui teladan kedisiplinan, karna sekuat apapun keinginan yang ada dalam diri siswa jika tidak dibarengi dengan disiplin dan fokus pada minat masing-masing siswa yang jelas berbeda anatar yang satu dengan yang lainnya "Jelas  Iswardi. S. PdI., M.Pd Kepala SDN 13 Batu Gadang Kota Padang ketika di wawancara Jenius Time line,Jum'at (10/11-2023).

Kisah perjuangan rakyat Indonesia ini ujar Iswardi sebelum dan pasca kemerdekaan muncul dalam buku sejarah pelajaran sekolah mulai dari SD hingga SMA. Kisah tersebut tak hanya menunjukkan sejarah negara, melainkan juga mengajarkan keteladanan kepada Para Siswa SDN 13 Batu Gadang Kota Padang, seperti kejujuran, kegigihan, pantang menyerah, dan selulu konsisten dan komitmen dalam menjalankan kewajiban serta memiliki daya juang yang tinggi dalam mempertahankan halnya dengan tetap menjunjung hak.



Iswardi menjelaskan bahwa peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 ini dirayakan dengan serangkaian kegiatan  yang dimulai dari lomba membaca Pusis perjuangan antar siswa, dan Pada Tanggal 10 November 2023 dilaksakan upacara dengan mengundang Pengawas SD  Kecamatan Lubuk Kilangan sebagi pembina Upacara, Bapak Fauzan Misra, S.Pd menyampaikan Dalam Amanat Upacaranya Bahwa negara yang kita diami hari ini buakan lah didapatkan dengan mudah tetap mengorbankan Ribuan jiwa dan Raga para pahlawan, Maka ananda harus menjadi Orang yang gigih berjuang seperti para pahlawan, harus jujur dalam bersikap seperti para pahlawan serta harus menjunjung ajaran Agama dalam kehidupan keseharian karena seberat apapun perjuangan kita jika tidak dibarengi dengan ibadah dan doa’a maka semua itu akan menjadi pekerjaan yang sia-sia, begitu pungkas Fauzan Misra Kepada Jenius Time line

Iswardi juga melanjutkan penjelasan nya : setelah upacara dan pembagian hadiah para pemenang lomba baca Puisi yang diserahkan oleh Kepala Sekolah dan Ketua Komite SDN 13 Batu Gadang Bapak Adriadi, acara dilanjutkan dengan Pawai yang dibuka oleh Pengawas Lubuk Kilangan Ibu Aida Fithri, S.Pd. Sebanyak 493 siwa ikut dalam pawai hari pahlawan yang didampingi oleh guru, tenaga pendidik Pengurus Komite sekolah dan ratusan wali murid yang begitu antusias dalam kegiatan ini pungkas iswardi.


Kita semua bisa mengenalkan makna Hari Pahlawan kepada  Para Siswa  SDN 13 Batu Gadang Kota Padang dari kehidupan sehari-hari. 


Seperti mempertahan kan kemerdekaan yang sudah dilakukan sekolahnya dengan belajar tekun, meraih prestasi di bidang yang diminati, menolong teman yang sedang kesusahan, dan membiasakan untuk mengucapkan terima kasih, maaf, serta tolong kepada orang lain."ucap Iswardi.


Ajarkan pula sejak dini mengenai disiplin. Misal masuk sekolah tepat waktu, mengerjakantugas di rumah, mengajari antri membeli makanan, dan lainnya. Tak lupa, biasakan anak-anak menjalani pola hidup sehat. Dimulai dari memperhatikan asupan makanan dan minuman, melengkapinya dengan imunisasi, mengajak mereka untuk rutin berolahraga, serta memperhatikan kualitas istirahatnya.


Saya berharap semoga kegiatan ini bisa menjadi kalender tahunan kami di sekolah, serta saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang sudak berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan ini"ujar Iswardi menjelaskan Kepada Jenius Time line.(Mislinda)