Type Here to Get Search Results !

Motivasi Partisipasi Masyarakat Pada Pemilu 2024, Kesbangpol Sumbar Gelar Pendidikan Politik

 Motivasi Partisipasi Masyarakat  Pada Pemilu 2024, Kesbangpol Sumbar Gelar Pendidikan Politik 



SKJENIUS TIME LINE, Sumbar ---Pentingnya pendidikan politik bagi masyarakat dalam pengembangan budaya politik yang demokratis serta pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu serentak tahun 2024.


Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Barat, Dr. Jefrinal Arifin didampingi Kepala Bidang Politik Dalam Negeri (Poldagri) Fajar Nuramadian.Ketika diwawancarai Jenius Time line Senin (18/12-2023).


Dr. Jefrinal mengatakan Sesuai dengan amanah Pasal 434 UU No. 7 tahun 2017 tentang pemilu yang menyebut pemerintah wajib memberikan dukungan dan fasilitas pendidikan politik bagi masyarakat.


“Kegiatan pendidikan politik ini salah satu upaya membangun kesadaran berpolitik dan memberikan pengetahuan yang memadai sehingga masyarakat dapat berpikir dalam mengambil keputusan serta menggunakan hak politiknya secara sadar dan rasional,” ujarnya.


Bukan hanya itu, katanya dalam rangka mengimplementasikan pendidikan politik kepada masyarakat, pemerintah sebagai fasilitator dituntut untuk memantapkan pemahaman dan aksi nyata sebagai bentuk upaya peningkatan partisipasi politik masyarakat, baik secara kuantitas maupun kualitas.ujar Jefrinal. (Mislinda)