Type Here to Get Search Results !

Pos Faankario Satgas Yonif 133/YS Anjangsana Kerumah Warga Yang Sedang membuat Kerajinan Noken.

 Pos Faankario Satgas Yonif 133/YS Anjangsana Kerumah Warga Yang Sedang membuat Kerajinan Noken.



SKJENIUS TIME LINE, Papua ---Anjangsana merupakan suatu kegiatan mengunjungi rumah rumah warga untuk sekedar bersilaturahmi dan mempererat hubungan baik antara aparat dengan warganya. 

Pada Kesempatan ini personel Pos Faankario mengunjungi salah satu rumah warga Mace Agustince (42) salah satu warga yang kebetulan dirumahnya sedang mengerjakan kerajinan tangan Noken. 

Noken sendiri adalah tas yang dibuat dari anyaman kain yang disusun sedemikian rupa sehingga berbentuk tas.


Pada kesempatan tersebut para personel memberikan arahan agar tetap melanjutkan kegiatan tersebut karena selain untuk mengisi waktu juga dapat menghasilkan uang jika kerajinan tangannya dijual belikan. Maybrat, 09/01/24.


Selama ini warga disekitar Pos Faankario hanya membuat Noken untuk dipakai pribadi saja, akan tetapi setelah masuknya personel Satgas Yonif 133/YS kewilayah Kampung Faankario masyarakat dapat meningkatkan kreativitas pembuatan Noken karena setiap siang personel Pos Faankario menyambangi rumah salah satu masyarakat dan memotivasi serta mengajarkannya membuat Noken dengan kreativitas yang bernilai jual. 


Sementara itu menurut keterangan Danpos Faankario Kapten Inf Phutut Wahyu Nugroho S.Tr, Han mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai wujud nyata kepedulian TNI terhadap masyarakat binaanya, Noken ini walaupun karya seni khas papua tetapi tidak semua ibu-ibu/anak-anak Papua yang bisa membuatnya karena belum tau cara merajut benang wol dengan benar dan sebagian yang sudah bisa merajut Noken  hanya Noken dengan model biasa yang sederhana untuk dipakai pribadi saja, mengingat ini sebagai peluang yang bagus, kami berinisiatif untuk memotivasi warga agar dapat membuat Noken yang bernilai jual.


“Kegiatan ini merupakan bentuk pengamalan 8 wajib TNI, Pos Faankario Satgas Yonif 133/YS membantu pembuatan kerajinan tangan sebagai komitmen memberdayakan UMKM di wilayah binaan dan membantu melestarikan kearifan lokal. Kami akan terus melaksanakan kegiatan ini untuk membantu perekonomian masyarakat,” ujar  Danpos.


Sementara itu, Ibu Agustince salah satu warga Kampung Faankario, merasa senang atas kedatangan personel Pos dan mengucapkan sangat berterima kasih kepada Satgas Yonif 133/YS karena telah mengamankan wilayahnya, memotivasi masyarakat agar hidup lebih baik dan kreatif salah satunya dengan membuat kerajinan tangan  khas Papua dan membantu melestarikan kearifan lokal.


"Sa sampaikan salam hormat kepada segenap aparat keamanan disini Satgas Yonif 133/YS karena selalu hadir bersama kami, bantu kami apapun kegiatannya dan sa berharap dengan kegiatan ini dapat membantu ekonomi masyarakat lebih bagus lagi dan semoga kebudayaan ini tetap lestari,” ujar Agustince.(RMT)