Type Here to Get Search Results !

SEHATI (Setor Hafalan Tiap Pagi) SDN 13 Batu Gadang

 SEHATI (Setor Hafalan Tiap Pagi) SDN 13 Batu Gadang

SKJENIUS TIME LINE, Padang --Sehati (Setor Hafalan Tiap Pagi). Setiap pagi Para siswa wajib setor hafal Al-qur'an di Sesuai dengan visi dan misi walikota Padang  serta Peraturan  WALIKOTA PADANG NOMOR 33 TAHUN 2013 TENTANG PROGRAM PENDIDIKAN HAFIZ AL QUR’AN  bahwa dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia masa depan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, perlu diadakan Program pendidikan Hafiz Al-Qur’an di Kota Padang.


Iswardi, S.PdI., M.Pd Sebagai Kepala Sekolah di SDN 13 Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang  ini Menuturkan  bahwa salah satu bentuk turunan program Tahfiz di Kota Padang yang di atur dalam Peraturan Walikota, maka kami SDN 13 Batu Gadang  Kecamatan Lubuk Kilangan  membuat program SEHATI (Setor Hafalan Tiap Pagi) dan ini mendapatkan sambutan hangat dari semua warga sekolah terlebih siswa, karena siswa kami akan berlomba-lomba datang pagi untuk bertemu dengan guru pembimbingnya untuk setor hafalan qur’an nya. 


Semenjak kami menjalankan program ini dari 14 hari yang lalu, setiap pagi di sekolah kami selalu bergaung bacaan ayat-ayat suci yang keluar dari mulut dan hati yang suci para siswa kami yang membuat suasana sekolah kami menjadi sejuk secara alami dan rohani pungkas Pak Is ( begitu sapaan akrab Kepala Sekolah SDN 13 Batu Gadang itu).

Iswardi tak henti mengucapkan syukur pada saat dimintai keterangan, ia bersyukur karena selain program ini bisa menambah hafalan dan pemahaman para siswa terhadap alqur’an, ternyata program SEHATI juga mampu meningkatkan disiplin guru untuk datang lebih awal ke sekolah, karena mereka sudah ditunggu siswa untuk menyetorkan hafalannya, Sekali merangkul dayung dua tiga pulau terlampaui begitulah kita-kira pribahasa yang tepat untuk program SEHATI ini ujar Iswardi.



Disaat yang bersamaan kami juga berkesempatan untuk meminta keterangan kepada guru PAI yang mendampingi Kepala sekolah pada saat wawancara yaitu  Ridho Sri Dinata, S.Pd selaku guru pembimbing mengungkapkan bahwa siswa/i kelas I-6 diwajibkan  menyetorkan minimal 3  ayat alqur’an setiap pagi kepada guru pendampingnya masing-masing berdasarkan ayat yang sudah dituliskan pada lembaran kontrol hafalan.


Di sudut yang berbeda di halaman sekolah yang sama tampak Bapak Mahadi, S.Pd Dia sebagai  guru pembimbing dan juga Guru PAI SDN 13 Batu Gadang,tampak Khusus mendengar setoran Hafalan salah seorang siswi yang sedari pagi sudah menunggu kedatangan bapak mahadi, dialah  Nabil salah satu siswa SD 13 tampak lancar melafalkan ayat-ayat alquran yang didampingi oleh beberapa orang temannya yang mengiringi dengan pelan setiap ayat yang dilafalkan Nabil .


Lebih lanjut Iswardi menuturkan bahwa tujuan dari kegiatan yang di lakukan SDN 13 Batu Gadang ini adalah untuk meningkatkan kecintaan siswa untuk membaca Al Qur’an dengan fasih dan benar, mampu memahami ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya.


"Mampu melaksanakan ajaran – ajaran di dalamnya dalam kehidupan sehari – hari serta menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup," ujarnya.(Mislinda)