Type Here to Get Search Results !

2024 Kadis Pendidikan Sumbar Hadiri P5 Wisuda Tahfidz Ke VI dan Ekspo Ke 3 Panen Karya siswa SMAN 2 Padang

 2024 Kadis Pendidikan Sumbar Hadiri P5 Wisuda Tahfidz Ke VI dan Ekspo Ke 3 Panen Karya siswa SMAN 2 Padang


SKJENIUS TIME LINE, Padang ---SMA Negri 2 Padang menggelar wisuda terhadap 125 orang siswa/wi yang telah selesai mengikuti program Tahfidz untuk tahun 2024 yang dilaksanakan di Aula SMAN 2 Padang, Senin (26/2/2024)


Kepala SMAN.2 Padang, Nuragusman Eka Putra,M.PD mengatakan, program Tahfidz telah berjalan 6 tahun, dimana kegiatan tersebut dilakukan dengan melibatkan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) serta guru-guru yang lainnya.


Jelasnya, kita memiliki 2 program yakni Tahfidz dan Tahsin. Sedangkan Tahsin merupakan anak-anak yang tidak bisa baca Alqur’an dan Tahfidz yaitu penghafal Alqur’an dari 2 juz sampai 16 juz.



Kegiatan ini merupakan perjalanan siswa dibidang keagamaan, terutama agama islam, kegiatan ini dimulai tahun 2017 dengan nama gerakan SMANDOE menghafal Alqur’an, bekerja sama dengan kemitraan semua guru-guru terutama guru PAI bersama Alumni dari Mesir, Ahmad Faiz LC.


Selanjutnya Nuragusman Eka Putra, M.PD mengatakan, mengatakan, SMAN 2 melakukan langkah-langkah, dimana siswa yang masuk ke jalur Tahfidz menjadi Ekskul Tahfidz. 


Siswa yang sudah pandai hafal qur’an bisa dimasukan ke program Ikskul (Ekstra kurikuler) mereka ini yang dipersiapkan untuk wisuda dengan nama Tahfidz Gold.


Pada saat diwisuda pada hari ini minimal hafal Alqur’an 2 juz ssmpI 15 juz, yang mencapai 15 juz hanya 1 orang saat diwisuda. 


Menjelang wisuda dillakukan seleksi selama 1 bulan, kemudian di mahbid kan 1 malam di mesjid untuk .meningkatkan hafalan, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.” tutur Agus.


Wisuda Tahfidz dibuka secara resmi Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, dengan diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Suryanto.


Turut hadir Kadis Pendidikan kota Padang, Kepala Kantor Kemenag Kota Padang, Camat Padang Barat, Kapolsek Padang Barat, Danramil Padang Barat, Ketua MKKS SMA Sumbar, Ketua MKKS SMA Kota Padang.(Mislinda)