Type Here to Get Search Results !

SDN 24 Ujung Gurun Selenggarakan Kurikulum merdeka Melalui Mulok Keminangkabauan

 SDN 24 Ujung Gurun Selenggarakan  Kurikulum merdeka Melalui Mulok Keminangkabauan



SKJENIUS TIME LINE, PADANG - Sejak dicanangkan pada 19 September 2023 lalu, pelaksanaan program kegiatan Muatan Lokal (Mulok) Keminangkabauan yang diterapkan bagi peserta didik Sekolah Dasar (SD) Negeri 24 Ujung Gurun  Kota Padang  mampu berjalan dengan baik sejauh ini."Ujar Yumlisma.S.Pd. Kepsek SDN 24 Ujung Gurun Kota Padang kepada Jenius Time line.



Para peserta didik mengikuti dengan antusias dan mampu menampilkan berbagai atraksi adat, seni dan budaya Minangkabau dengan begitu baik," ungkap  Yumlisma.  


Seperti terlihat, dalam pelaksanaan Mulok Keminangkabauan seperti Tari Pasambahan yang disonsong Tari Silek jo Galombang. 


Kegiatan bertambah menarik karena juga diisi dengan permainan tradisional sepak rago,tadi darak sayak tempurung,dll.  



Keminangkabauan ini Semoga hal ini terus rutin kita jalankan dengan baik," harap Yumlisma. 


Lebih lanjut  Yumlisma menjelaskan, program Mulok Keminangkabauan adalah tekad Pemerintah Kota Padang untuk mewujudkan peserta didik Kota Padang yang memiliki pengetahuan tentang adat dan budaya keminangkabauan.


"Mulok Keminangkabauan ini masuk dalam mata pelajaran ekstrakurikuler yang dilaksanakan selama dua jam di jam pertama pembelajaran setiap hari Selasa. Hal ini untuk membuat pelajar di Kota Padang memiliki karakter Minangkabau.  


Apalagi baru baru ini kita tahu Gelar Tarian  Darak Tempurung K3S Kecamatan Padang Barat dengan Penari Terbanyak, Catatkan Rekor MURI di Lapangan Imam Bonjol Kota Padang. 


Tari tempurung berasal dari daerah Sumatera Barat, yang menjadi bagian dari tari tradisional Minangkabau. Suku Minangkabau merupakan suku yang sangat erat memegang teguh seni kebudayaan yang berasal dari nenek moyangnya."Jelas Yumlisma.( Mislinda)