Type Here to Get Search Results !

MKKS SMAN Disdik Sumbar Bantu Daerah Terdampak Bencana

 MKKS SMAN Disdik Sumbar Bantu Daerah Terdampak Bencana


SKJENIUS TIME LINE, Padang --Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Barat (Sumbar)bersama MKKS SMAN Kota Padang, mengapresiasi para pelajar yang ikut membantu penangganan bencana lahar dingin dan banjir bandang yang terjadi di tiga wilayah yakni Kabupaten Tanah Datar, Agam dan Padang Panjang.  Pelajar tidak hanya terjun ke lokasi bencana tetapi juga menggalang donasi bagi korban terdampak.


Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius, Rabu (22/4/2024) mengatakan upaya dilakukan para pelajar datang ke lokasi bencana dalam membantu warga terdampak, termasuk perwujudan dari profil pelajar pancasila. Mereka mendatangi setiap rumah penduduk dengan melakukan pembersihan.


"Selain memberikan bantuan pelajar juga diajarkan peduli terhadap masyarakat yang terdampak bencana. Kegiatan tersebut sekaligus mengajarkan kerjasama kepada pelajar untuk saling bahu membahu dalam membantu. Termasuk juga  menggalang donasi membantu korban bencana yang dilakukan sejumlah pelajar di Sumbar," kata Barlius di dampingi pengurus MKKS SMAN Kota Padang.


Barlius di dampingi Mohammad Isa ketua MKKS SMAN Kota Padang menyebutkan, Dinas Pendidikan Sumbar juga telah menggalang donasi dan mendirikan dapur umum di lokasi bencana. Dapur umum berada di delapan titik lokasi yakni di Tanah Datar dan Agam, pelajar turut terlibat pada dapur umum guna memenuhi kebutuhan masyarakat terdampak bencana.


"Informasi sementara, hanya satu sekolah yakni SMA 1 Sumbar yang terdampak bencana banjir bandang. 


Saluran air bersih di sekolah tersebut rusak akibat banjir bandang. Sementara, sekolah lain di bawah kewenangan provinsi tidak ada yang terdampak. Namun sekolah yang terdampak saat ini telah diupayakan untuk dilakukan perbaikan," ujarnya (Mislinda)